Langsung ke konten utama

langkah - langkah membuat jaringan WAN

Langkah-Langkah Membuat Jaringan Wan

Wan adalah singkatan dari Wide Area Network yang di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi jaringan area luas,berupa jaringan pada komputer yang mencakup area besar seperti antar negara atau bahkan benua,atau dapat di definisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.Komputer-komputer tersebut di hubungkan dengan line telepon atau gelombang radio.
Jaringan Wan memiliki fungsin untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain,sehingga pengguna komputer di sebuah lokasi yang dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer yang berada pada lokasi yang lain,Dan juga di manfaatkan untuk menghubungkan LAN antar lokasi.
Berikut  adalah bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat jaringan WAN
·         Wifi
·         Antena
·         Access Point
·         Kabel Pigtail
·         Kabel UTP
·         PC
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membnuat jaringan WAN :
1.      Pasang antena Grid beserta komponen-komponennya
2.      Pasang Access Point Radio Senao,kemudian hubungkan dengan antena Grid menggunakan kabel Pigtail
3.      Lalu kemudian pasangkan kabel UTP sebagai penghubung radio dengan komputer.
4.      Berikan IP pada komputer yang akan di konfigurasi dengan cara klik start àklikn control panelàpilih my network placesàpada icon komputer pilih properties lalu pilih internet protocol (TCP/IP) à kemudian klik properties.IP yang di berikan harus satu segmen dengan IP yang ada pada radio.
Contoh :
IP Radio : 192.168.1.1
IP Komputer : 192.168.1.2
5.      Klik internet explorer atau pada browser lalu ketik IP Radio http://192.168.1.1
6.      Setelah tampilan setting radio terbuka,pilih management klik operation mode,kemudian aktifkan bridge setelah itu pilih apply change lalu klik OK.
7.      Pada wireless pilih Site Servey kemudian Refresh lalu pilih hospot-noc setelah itu klik connect lalu OK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat -Alat Yang digunakan Untuk Membuat Jaringan Komputer

Alat-alat yang digunakan untuk membuat jaringan komputer 7 Sep Untuk membuat jaringan komputer diperlukan beberapa alat agar komputer dapat saling terhubung. Begitu pula untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Berikut adalah peralatan untuk membuat jaringan komputer: NIC ( Network Interface Card )/ LAN Card NIC/LAN Card digunakan sebagai antarmuka/penghubung suatu komputer ke sebuah jaringan komputer. Kabel UTP Kabel UTP merupakan transmisi yang paling sering digunakan. bentuknya seperti kabel telepon, biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub atau komputer dengan komputer. Hub/Switch Alat ini berfungsi untuk menjembatani beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Modem Modem berfungsi untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Digunakan untuk mengakses jaringan internet Router Router berfungsi untuk mengirimkan data dari suatu jaringan menuju tujuannya.

Cara Membuat Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer Di Rumah/Kantor Kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara membuat jaringan komputer sendiri, ada banyak orang yang sudah bisa mengerti cara memakai komputer tetapi masih belum tahu cara membuat jaringan komputer di rumah sendiri atau di kantor. Sebenarnya cukup mudah untuk membuat jaringan komputer yang sederhana, misalnya saja di rumah komputer yang dipakai tidak banyak dan pengaturan jaringan tidak sampai serumit di kantor-kantor besar. Untuk kantor-kantor kelas menengah ke bawah pengaturan jaringannya pun tidak begitu rumit sehingga bisa kita atur sendiri dengan mudah. Susah dan mudah sebenarnya tergantung dari penggunanya, jika anda menginginkan sebuah data di dalam jaringan dapat diakses lewat internet dimana saja dan kapan saja maka akan membutuhkan pengaturan yang lebih dari pada biasanya. Dalam artikel ini yang akan kita pelajari adalah sebagai berikut ini: Mengenal peralatan yang akan dipak